Jangan Tergiur Dengan Biaya Pelatihan K3 Yang Relatif Murah

Jangan Tergiur Dengan Biaya Pelatihan K3 Yang Relatif Murah

Jangan Tergiur Dengan Biaya Pelatihan K3 Yang Relatif Murah

Beberapa tahun terakhir di media cetak maupun di media online Indonesia banyak berita yang beredar dan cukup mencoreng pada dunia K3, yaitu tentang pelaksanaan pelatihan untuk menjadi ahli K3 bersertifikasi oleh sebagian penyedia jasa pelatihan dalam hal ini perusahaan jasa keselamatan dan kesehatan kerja atau yang biasa disingkat PJK3, perusahaan tersebut menyediakan jasa pelatihan dengan harga yang sangat murah dan di luar logika. Dalam hal ini siapa yang tidak tertarik dengan harga yang sangat murah dibandingkan dengan biaya pelatihan K3 bersertifikasi yang rata-rata tergolong tinggi. Satu hal yang perlu dipertimbangkan, dengan harga yang tergolong murah bisa dipastikan adanya penurunan mutu/kualitas, fasilitas dan pelayanan dari yang biasanya. untuk selanjutnya mari kita lihat lebih jauh tentang polemik ini.

Biaya pelatihan K3 yang tergolong murah tentu saja akan mengundang minat dari para calon peserta training berbondong-bondong untuk ikut serta dalam pelatihan, bahkan jumlahnya bisa mencapai hinga ratusan peserta. Hal ini menyebabkan pelatihan K3 umum bersertifikasi seperti seminar yang diikuti ratusan orang/peserta tidak maksimal, pembelajaran tidak akan fokus dan membuat apa yang didengar susah untuk dicerna atau masuk lewat telinga kiri dan keluar lagi lewat telinga kanan karena terlalu banyak peserta.

Baca Juga : http://deltaindo.co.id/

Untuk mengikuti pelatihan ahli K3 umum bersertifikasi di awal-awal dulu memakan waktu yang cukup lama bahkan bisa lebih dari sebulan lamanya. Namun karena beberapa hal pertimbangan dan kendala, pihak dari lingkup Kementrian Ketenagakerjaan mengambil kebijakan untuk menyingkat kurikulum hingga waktu dalam pelaksanaan diklat bisa ditempuh hanya 12 hari. Seiring dengan waktu yang dipersingkat dan dengan materi yang sangat padat, sehingga apabila peserta absen atau tidak mengikuti pelatihan 1 hari saja akan banyak ketinggalan materi, maka tujuan dalam pelatihan K3 bisa tidak tercapai. Mengingat keadaan demikian seharusnya pelaksanaan diklat harus dapat dikondisikan sebaik mungkin agar bisa terserap dengan baik oleh peserta dan tercapainya tujuan diadakannya pelatihan untuk mencetak ahli K3 bersertifikasi.

Biaya pelatihan yang sangat murah banyak mengecoh para peserta, berdasarkan laporan yang masuk ke Kantor Pusdiklat K3 bahwa dari 200 peserta, sebelum mengikuti diklat dijanjikan sertifikat K3 umum dari Kementrian Ketenagakerjaan. Namun setelah mengikuti pelatihan yang mendapat sertifikat hanya 35 orang, hal demikian terjadi karena pada saat pelaksanaan pelatihan K3 berlangsung tidak kondusif, karena diikuti terlalu banyak peserta dengan materi yang padat dan berimbas pada saat ujian mereka tidak mampu menyelesaikan dengan baik. Sehingga dengan alasan tersebut banyak peserta tidak lolos dan tidak mendapatkan sertifikat.

Setelah mengikuti pelatihan K3 maka anda akan mendapatkan sertifikat ahli K3 umum, sertifikat yang berlaku seumur hidup bagi anda yang mendapatkannya. Sedangkan yang perlu diperpanjang hanyalah SKP dan lisensinya dalam jangka 1 kali setiap 3 tahun atau pada saat anda pindah tempat bekerja, serta biaya administrasi perpanjangan juga ditanggung oleh perusahaan tempat anda bekerja. Jika sertifikat ini berlaku untuk seumur hidup maka otomatis anda hanya sekali saja membayarnya dan sebernarnya jika dibandingkan dengan ilmu dan pengalaman yang didapat, biaya yang anda keluarkan untuk mengikuti training K3 masih tergolong murah. Karena dengan sertifikat yang anda miliki, dimasa depan dalam dunia pekerjaan anda bisa menuai hasil yang lebih dari harga yang sudah anda bayarkan dan  manfaatnya bagi anda sangat besar. Jadi, mengapa harus pelit dan terlalu perhitungan dengan mempertanyakan biaya pelatihan yang mahal. Biasanya biaya pelatihan dengan harga murah ditawarkan oleh para vendor yang baru memulai usahanya di bidang PJK3, sedangkan biaya yang tergolong relatif tinggi diadakan oleh vendor yang sudah lama malang melintang dan sudah sudah eksis lebih berpengalaman di dunia PJK3 dengan rekam jejak yang sudah teruji. Pastinya dalam hal pelayanan mereka lebih mahir, tentu saja karena semuanya juga harus berbanding dengan harga yang sudah ditawarkan.

Info yang juga beredar belakangan ini di media sosial yang cukup menyedihkan tentang dunia pelatihan K3, dengan peserta yang mengikuti diklat yang terlalu banyak, ada sesuatu yang tertangkap kamera yaitu beberapa botol minuman keras berada di dalam kelas pelatihan, namun saat ini gambar sudah dihapus. Ini terjadi karena kebanyakan peserta sehingga lemahnya pengawasan, dengan tujuan meringankan beban biaya peserta untuk mengikuti training tapi malah merugikan semua pihak dan merugikan PJK3 itu sendiri. Himbauan dari Pusdiklat K3 supaya peserta yang ingin mengikuti pelatihan sebagai ahli dalam K3 yang bersertifikasi dan lainnya, supaya jangan terlalu tergiur dengan biaya pelatihan yang terlalu murah, jangan terlalu perhitungan karena sertifikat yang didapat adalah untuk seumur hidup manfaatnya, bahkan bisa lebih besar dari duit yang anda keluarkan.

Sertifikasi Pelatihan K3 Yang Efektif

Sertifikasi Pelatihan K3 Yang Efektif

Sertifikasi Pelatihan K3 Yang Efektif

Sertifikasi Pelatihan K3 Yang Efektif

Terkait dengan pelatihan adalah sebuah latihan sebelum memasuku dunia yang inginkan seperti dengan pelatihan kerja yang berfungsi sebagai latihan awal sebelum masuk dunia kerja. Dalam dunia kerja pelatihan tersebut memang sangat dibutuhkan karena perusahaan butuh jaminan bahwa pekerjanya mempunyai skil dibidang tersebut. untuk itu jika anda sebagai pekerja maka lebih baik menggunakan jasa latihan kerja agar mendapatkan sertifikasi yang mempuni dibidang yang dibutuhkan seperti melakukan sertifikasi pengelasan, sertifikasi kelistrikan dan sertifikasi pelatihan K3. Kaitanya dengan pelatihan mengenai keselamatan kerja maka dalam hal ini sudah banyak tempat yang menyediakan jasa layanan tersebut sehingga anda tidak perlu khawatir karena sudah banyak tempat yang menyediakan. Dalam kesempatan ini akan diulas bagaimana syarat dalam memasuki pelatihan K3 umum agar anda tahu bahwa sebelum melakukan pelatihan tersebut ada syarat-syarat penting yang harus dipenuhi. Dalam pelatihan tersebut yang paling terpenting adalah kemauan anda dalam belajar mengetahui bagaimana agar tidak terjadi kecelakaan kerja.

Baca Juga : http://deltaindo.co.id/

Ada banyak faktor yang menyebabkan kecelakaan kerja sehingga hal tersebut harus diketahui terlebih dahulu oleh para pekerja. Dalam pelatihan K3 telah dijelaskan mengenai faktor-faktor penyebab terjadinya kecelakaan kerja. Hal tersebut sangat penting diketahui oleh pekerja ataupun perusahaan sendiri karena jika angka kecelakaan sangat sedikit maka produktivitas akan meningkat sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan dari produktivitas yang meningkat tersebut. oleh karena itu pada kesempatan ini akan diulas faktor apa saja yang menjadi penyebab terjadinya kecelakaan yang sering terjadi di perusahaan. Berikut adalah penjelasan mengenai faktor apa saja yang menjadi penyebab terjadinya kecelakaan kerja di sebuah perusahaan :

  1. Faktor lingkungan.

Yang terpenting dalam sebuah perusahaan adalah memiliki faktor lingkungan yang baik dimana syarat perusahaan memiliki faktor lingkungan yang baik adalah terhindar dari polusi yang ada. Karena para pekerja akan lebih nyaman jika menempati tempat kerja yang memiliki lingkungan yang baik. Selain itu untuk mengatasi polusi tersebut seharusnya perusahaan membuka ruang terbuka hijau agar polusi yang ada di perusahaan dapat di hindari atau diserap oleh tumbuh-tumbuhan disekitar perusahaan.

Artikel Pelatihan K3 disini

  1. Faktor tempat kerja.

Berbeda dengan lingkungan karena pada faktor ini para pekerja dihadapkan oleh mesin yang berjalan sehingga tempat kerja sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dari pekerja itu sendiri. Jika tempat kerja antara stasiun satu dengan stasiun lain berjauhan padahal kedua stasiun tersebut saling berhubungan. Maka dari itu perusahaan harus memperbaiki sistem peletakan mesin tersebut agar tercipta kenyamanan kerja pada saat melakukan pekerjaan.

  1. Faktor kelayakan mesin.

Kaitanya dengan perusahaan manufaktur tentu sangat tepat jika dihubungkan dengan mesin yang digunakan saat bekerja. Untuk itu mesin yang digunakan harus layak pakai sehingga saat digunakan aman bagi pekerja dan tidak ada kecelakaan yang terjadi di dalamnya .

  1. Faktor jam kerja.

Jam kerja dalam sebuah pekerjaan harus sesuai dengan standart yang berlaku karena jika melebihi dari batas kemampuan pekerja maka akn berefek langsung pada produktivitas yang dihasilkan bahkan dapat berdampak pada kecelakaan kerja yang tinggi. Karena banyak kecelakaan kerja yang disebabkan oleh pekerja ngantuk saat melakukan pekerjaan.

Klik disini untuk baca artikel k3

  1. Faktor fasilitas perusahaan.

Jika pekerja tidak dilengkapi dengan peralatan K3 yang lengkap maka angka kecelakaan yang terjadi akan semakin tinggi karena peralatan dari K3 tersebut tidak terpenuhi dengan baik. Serta pada kelayakan peralatan harus diperhatikan karena dapat berdampak langsung pada penggunaanya.

Dengan adanya beberapa faktor yang telah dijelaskan diatas maka diharapkan para perusahaan tidak serta merta menyalahkan para pekerja. Karena belum tentu para pekerja yang salah karena dari perusahaan sendiri harus ada evaluasi terhadap tempat kerjanya. Banyak kecelakaan kerja yang terjadi namun perusahaan tidak mau disalahkan sehingga dengan adanya penjelasan ini maka pekerja harap mampu memberikan evaluasi kepada perusahaan agar mampu meningkatkan produktivitas secara berkelanjutan.

Dalam pelatihan K3 terdapat beberapa sertifikasi untuk memberikan jaminan kepada perusahaan agar dapat masuk dengan skill K3 yang mempuni. Pada kesempatan ini akan diulas mengenai syarat dalam training K3 tersebut. berikuta adalah mengenai penjelasan dari pelatihan tersebut:

  1. Persyaratan pendidikan

Dalam sertifikasi pelatihan tersebut dibutuhkan minimal pendidikan SMA/SMK.

  1. Mengisi formulir yang diajukan oleh badan pelatihan tersebut.
  2. Melampirkan foto copy ijasah, foto copy sertifikat kursus dasar K3, CV atau surat keterangan pengalaman kerja, surat rekomendasi dari pimpinan langsung.
  3. Membayar biaya opersional dalam pelatihan tersebut.

Pada sertifikasi tersebut harus dilengkapi dokumen yang sudah dijelaskan diatas secara lengkap. Sehingga anda dapat mengikuti pelatihan sertifikasi K3 dengan metode pembelajaran yang pasti efektif pada pekerjaan anda.

Secara kepentingan maka pelatihan K3 sangat penting dilakukan karena dalam pelatihan tersebut pekerja mampu mengetahui dasar-dasar dalam keselamatan dan kenyamanan dalam pekerjaan. Sehingga angka kecelakaan akan menurun dan produktivitas akan meningkat.

Pelatihan K3 Pada Perusahaan Manufaktur

Pelatihan K3 Pada Perusahaan Manufaktur

Pelatihan K3 Pada Perusahaan Manufaktur

pelatihan k3 1

Dalam sebuah perusahaan saat ini dibagi dalam 3 bagian yaitu pada perusaahaan manufaktur, perusahaan jasa dan perusahaan kontruksi. Akan tetapi pada tiga bagian tersebut sama-sama berfungsi dalam menciptakan sesuatu atau melayani konsumen terhadap kinerja dari pekerja yang berada dalam perusahaan tersebut. angka kecelakaan kerja dalam sebuah perusahaan adalah sebuah catatan yang harus diminimalisir karena sebuah kecelakaan pasti dapat terjadi apalagi penggunaan alat pada sebuah perusahaan sangat berbahaya bagi pekerja jika digunakan tidak sesuai prosedur yang berlaku. Akan tetapi rata-rata angka kecelakaan yang tang terjadi disebabkan oleh ketidaktahuan dari para pekerja terhadap keselamatan dan kenyamanan kerja sehingga perlu dilaksanakan pelatihan K3 secara berkelanjutan agar mampu menciptakan suasana kerja yang nyaman dan aman. Dan yang paling tepat untuk melakukan pelatihan K3 umum seharusnya di lakukan diawal pekerjaan sehingga para pekerja tahu bagaimana bekerja dengan produkstivitas yang tinggi namun angka kecelakaan juga sangat sedikit.

Baca Juga : http://deltaindo.co.id/

Angka kecelakaan memang tidak bisa di hindari karena itu angka kecelakaan tersebut dapat diminimalisir dengan menggunakan pelatihan K3 dalam jangka waktu yang sering. Karena terkadang para pekerja menyalahkan perusahaan karena tidak melakukan training K3 tersebut sehingga perusahaan akan dirugikan dengan pernyataan dari para pekerja itu. Untuk itu langkah yang paling bagus adalah dengan mengadakan pelatihan pada awal masuk kerja untuk meningkatkan produktivitas serta menekan angka kecelakaan agar dapat diminimalisir dengan efektif. Dalam sebuah pelatihan terdapat sasaran dasar atau dapat dikatakn sebagai dasar-dasar dalam pelatihan kerja sehingga para pekerja diharapkan mampu menerapkanya baik dalam bidang kontruksi atau manufaktur. Namun pada kesempatan ini akan diulas sasara dasar pada pelatihan keselamatan dan kenyamanan kerja pada bidang manufaktur karena saat ini perusahaan yang berada di indonesia lebih banyak pada perusahaan manufaktur. Biasanya angka kecelakaan yang terjadi dalam perusahaan manufaktur adalah kesalahan manusia terhadap mesin yang digunakan karenanya perusahaan dituntut agar mampu mengatur semuanya untuk meminimalisir angka kecelakaan tersebut baik dari segi jam kerja, ataupun mesin yang berada dalam pekerjaan tersebut.

artikel k3 lainnya bisa anda baca di sini

Dalam sebuah pekerjaan terdapat sasaran dasar sehingga diharapkan para pekerja mampu menggunakan mesin sesuai dengan prosedur serta aman saat digunakan. Untuk lebih detailnya berikut adalah penjelasan mengenai sasaran dasar pada pelatihan keselamatan dan kenyamanan kerja :

  1. Para pekerja diharapkan akan memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk memahami peraturan dan standart K3 sehingga mereka tahu bahwa jika terjadi kecelakaan kerja maka yang harus di lakukan itu seperti apa. Semuanya sudah dijelaskan secara rinci pada pelatihan tersebut.
  2. Para pekerja diharapkan memiliki pengetahuan yang lebih tentang prinsip dan konsep dasar dalam K3 secara menyeluruh dengan menerapkan keamanan pada setiap pekerja yang ada sehingga dijamin bahwa K3 digunakan oleh pekerja saat melakukan pekerjaan.
  3. Para pekerja nantinya diharapkan mampu memiliki pengetahuan tentang sistem K3 dan fungsi dalam K3.
  4. Para pekerja diharapkan mampu memiliki pengetahuan dan mampu melakukan identifikasi bahaya di tempat kerja mereka berada.
  5. Para pekerja mampu memiliki pengetahuan tentang penyakit akibat kerja dan penyebab terjadinya kecelakaan kerja.
  6. Para pekerja mampu mengembangkan sistem kontrol kerja dan manajemen pencegahan kecelakaan di area kerja.
  7. Para pekerja mampu meletakkan fondasi smK3 di perusahaan dan memberikan training yang tepat bagi pekerja lain.

Dalam sebuah pekerjaan yang menyaratkan para pekerjanya mempunyai K3 yang baik maka perusahaan diharapkan mampu menerapkan sistem K3 di dalam area pekerjaanya sehingga hal tersebut akan bermanfaat bagi perusahaan atau bagi para pekerjanya. Jadi tempat para pekerja melakukan pekerjaan juga harus diperhatikan karena jika tempatnya kurang ergonomis maka hal yang pasti terjadi adalah kecelakaan kerja sehingga akan menurunkan produktivitas dari pekerja tersebut. untuk pelatihan K3 harus lebih ditekankan karena angka kecelakaan kini rata-rata disebabkan oleh para pekerja sendiri yang tidak mengikuti aturan yang berlaku serta hanya mementingkan pekerjaanya selesai. Akan tetapi terkadang dari pekerja sudah menerapkan K3 namun perusahaan tidak melengkapi fasiitas terkait dengan hal tersebut sehingga angka kecelakaan masih terjadi karena kesalahan dari perusahaan sendiri.

Terkait dengan perusahaan manufaktur tentunya para pekerja langsung berhadapan dengan mesin sehingga hal tersebut harus ada aturan baku untuk mengatur para pekerja agar tidak menyalahi aturan. Pada sebuah perusahaan biasanya ada pengawas yang berprofesi sebagai tenaga ahli dibidang K3 yang bertugas mengawasi para pegawai agar tidak terjadi kecelakaan kerja.

Akan tetapi jika terjadi kecelakaan kerja maka yang paling awal disalahkan adalah pengawasnya sehingga hal yang harus diperhatikan adalah dengan melakukan pelatihan K3. Untuk itu pelatihan tersebut harus lebih awal dilakukan agar mampu memberikan pengetahuan kepada pekerja untuk menekan angka kecelakaan kerja.

Pelatihan K3 Sebagai Syarat Awal Masuk Kerja

Pelatihan K3 Sebagai Syarat Awal Masuk Kerja

Pelatihan K3 Sebagai Syarat Awal Masuk Kerja

 

Dalam sebuah organisasi pekerjaan pasti anda mengenal tentang K3 yang mana pada bagian ini sangat vital berada dalam sebuah perusahaan. Akan tetapi masih banyak karyawan yang tidak menggunakan prinsip-prinsip K3 secara benar sehingga dikhawatirkan mereka berada dekat dengan sebuah kecelakaan kerja yang akan merugikan perusahaan karena citranya tercoreng atau terhadap karyawanya tersebut. terkait dengan pelatihan K3 saat ini masih banyak perusahaan yang menyepelekan hal tersebut padahal keselamatan dalam bekerja harusnya sangat diperhatikan terutama pada pekerjaan kontruksi yang membutuhkan keamanan yang sangat maksimal. Oleh karena itu dalam sebuah pekerjaan kontruksi yang paling terpenting sebelum masuk kerja seharusnya ada sebuah pelatihan terlebih dahulu agar berhati-hati dalam bekerja. Dalam sebuah kontruksi tentu menggunakan alat-alat berat sebagai alat pembantu sehingga harus ada pelatihan K3 umum sebagai langkah awal menuju zero accident pada sebuah pekerjaan tersebut.

Baca Juga : http://deltaindo.co.id/

Angka kecelakaan dibidang kontruksi menduduki peringkat pertama selain dari perusahaan manufaktur atau perusahaan jasa sehingga pada bidang pekerjaan tersebut perlu diadakan pelatihan K3 secara menyeluruh baik pegawai tetap atau pada pegawai kontrak.hal tersebut sangat bermanfaat untuk pegawainya agar mereka tahu bagaimana bekerja dengan aman serta nyaman karena dengan 2 faktor tersebut dapat meningkatkan produktifitas para pekerja sehingga dari pihak pengelola kontruksi sangat diuntungkan akan hal tersebut. pada training K3 tersebut telah mendapatkan tanggapan dari kementrian ketenagakerjaan dalam bentuk perintah yang diatur dalam sebuah undang-undang ketenagakerjaan. Untuk penjelasan mengenai peraturan tersebut maka berikut adalah secara rincinya :

  1. Mempekerjakan tenaga kurang dari 100 orang atau menyelanggarakan proyek kurang dari enam bulan wajib memiliki minimal 1 orang ahli madya K3 kontruksi dan 1 orang ahli muda K3 kontruksi.
  2. Mempekerjakan tenaga ahli lebih dari 100 orang atau menyelenggarakan proyek lebih dari 6 bulan wajib memiliki minimal satu orang ahli utama K3 kontruksi, 1 orang ahli madya K3 kontruksi dan 2 orang ahli muda K3 kontruksi.
  3. Mempekerjakan tenaga kurang dari 25 orang atau melaksanakan proyek kurang dari 3 bulan maka wajib memiliki 1 orang ahli muda K3 kontruksi agar mampu mengontrol pekerjaan dengan aman dan nyaman bagi para pekerja.

pelatihan k3

Oleh karena itu dengan adanya peraturan tersebut sebaiknya perusahaan yang bekerja dibidang tersebut hendaknya terlebih dahulu memenuhi persyaratan tersebut dengan memiliki tenaga ahli K3 yang profesional. Serta mempunyai dedikasi tinggi dalam mewujudkan zero accident secara berkelanjutan baik bagi pekerja tetap ataupun pekerja kontrak. Sebagai awal dari memulai pekerjaan dalam bidang kontruksi maka sebelum memulai pekerjaan harus ada pelatihan terlebih dahulu sehingga para pekerja tahu bahwa keamanan dan keselamatan kerja itu penting untuk diperhatikan. Kaitanya dengan pelatihan tersebut maka terdapat mekanisme untuk melaksanakan pelatihan itu dengan metode yang efektif. Pada kesempatan ini akan diulas mengenai mekanisme dalam sertifikasi pelatihan tersebut dan berikut adalah terkait dengan penjelasan tersebut :

  1. Presentation

Pada intinya pada metode ini para pekerja hanya mendengarkan penjelasan dari tenaga ahli K3 dalam memberikan sebuah pengetahuan yang lebih terkait dengan keamanan dan kenyamanan kerja.

  1. Diskusi

Pada metode ini dapat dikatakan lebih efektif dari pada menggunakan presentation karena dengan metode ini para pekerja interaksi langsung dengan pekerja lain atau dengan tenaga ahli sehingga dapat efektif kepada pekerja.

  1. Case study.

Pada metode ini pada awalnya adalah para pekerja dihadapkan pada sebuah masalah dan selanjutnya mereka diberikan solusi oleh tenaga ahli sehingga nantinya ketika di lapangan mereka tidak panik dalam menghadapi sebuah kecelakaan kerja.

Artikel K3 umum bisa di klik di sini

 

  1. Post test.

Pada metode ini para pekerja dihadapkan pada test sehingga pengetahuan mereka diuji pada kali ini. Selanjutnya nantinya di lapangan mereka diharapkan mampu mengatasi masalah yang terjadi terkait dengan keamanan dan kenyamanan kerja.

pelatihan k3 juga

 

Dalam metode tersebut para pekerja dihadapkan pada sebuah evaluasi yang tercatat untuk diperbaiki lagi pada tahun lalu. Sehingga hal tersebut akan menjadi intropeksi diri pada permasalahan-permasalahan yang lalu.

Pada pelatihan K3 yang baik tentunya harus ada tenaga ahli yang sudah bersertifikasi sehingga mereka tahu bagaimana mengarahkan pegawai menuju zero accident dalam sebuah perusahaan tentunya. Namun saat ini sudah banyak perusahaan yang menempatkan tenaga kerja dalam sebuah bidang pekerjaan terutama pada pekerjaan kontruksi.

Hal tersebut memang sangat baik bagi perusahaan  namun yang paling terpenting pelatihan mengenai K3 harus terlebih dahulu dilaksanakan sebelum para pekerja melakukan sebuah pekerjaan.  Sehingga dengan adanya pelatihan tersebut membuat para pekerja tahu akan keselamatan dan kenyamanan kerja.

Dengan adanya angka kecelakaan tentu akan berdampak pada citra perusahaan tersebut kepada masyarakat umum. Maka dari itu untuk mengatasi masalah tersebut harusnya tiap perusahaan melakukan pelatihan K3 terlebih dahulu secara merata agar mampu mewujudkan visi zero accident.

Pentingnya pelatihan K3

Pentingnya pelatihan K3

Pentingnya pelatihan K3

pelatihan k3

Saat ini untuk masuk ke dalam suatu perusahan kita harus mempunyai banyak ahli agar perusahaan tersebut mau menrima lamaran kita. Saat ini perusahaan tidak sembarang dalam memilih karyawan yang mana perusahaan saat ini menyeleksi karyawan dan diambil yang paling baik dari calon karyawan yang akan melamar di perusahaan tersebut. Keahlian yang paling dibutuhkan oleh perusahaan diantaranya yaitu K3. K3 yaitu keselamatan keamanan kerja yang mana dalam K3 ini kita dituntut untuk bekerja secara safety agar kita terhindar dari cedera akibat pekerjaan yang kita alami. Saat ini untuk dapat mengetahui tentang ilmu K3 tersebut kita bisa mengikuti pelatihan k3 yang sudah banyak dibuka oleh lembaga-lembaga yang berwenang. Dengan kita mengikuti pelatihan K3 kita akan bisa mengetahui cara bekerja dengan aman dan tidak berdampak pada cedera.

Pelatihan K3 umum biasanya dibuka oleh lembaga tertentu yang sudah mempunyai izin dari pemerintah. Berikut ini merupakan manfaat mengikuti pelatihan K3 untuk diri kita yang akan kita bahas dibawah ini.

Baca Juga : http://deltaindo.co.id/

  1. Dengan kita memiliki pelatihan K3 kita bisa mengetahui ilmu tentang bekerja secara aman dan selamat. Saat ini ilmu tentang K3 sangat dibutuhkan oleh karyawan yang akan masuk perusahaan apalagi bagi orang yang bekerja di luar atau bekerja di lapangan. Dengan memiliki ilmu K3 kita bisa bisa mencegah cedera yang akan kita dapatkan pada saat bekerja.
  2. Selain mendpatkan ilmu mengenai K3 dengan kita mengikuti pelatihan kita juga akan mendapatkan sertifikat dari keikutsertaan kita dalam pelatihan K3. Sertifikat keikutsertaan kita dalam pelatihan K3 sangat bermanfaat bagi anda yang sedang ingin melamar suatu pekerjaan. Dengan anda mempunyai sertifikat K3 ini anda akan mempunyai nilai lebih dimata HRD yang biasanya bertugas untuk menerima karyawan baru.
  3. Selain itu dengan kita mengikuti pelatihan K3 kita juga bisa semakin waspada dalam bekerja. Selain itu jika kita nanti dijadikan atasan di kantor yang akan kita tempati untuk bekerja kita juga bisa melakukan suatu program K3 untuk karyawan yang kita awasi. Selain itu kita juga bisa memberikan ilmu kepada karyawan bawahan kita tentang pentingnya bekerja dengan menggunakan K3.

Selain itu masih banyak lagi manfaat pelatihan K3 yang bisa kita dapatkan. Dalam pelatihan K3 ini biasanya pihak penyelenggara mematok harga yang mahal sehingga pelatihan ini hanya bisa diikuti oleh orang-orang yang mampu saja. Akan tetapi biaya mahal yang anda keluarkan dalam mengikuti pelatihan K3 ini sebanding dengan banyaknya manfaat yang akan anda dapatkan dari pelatihan K3 yang anda ikuti. Biasanya biaya yang anda keluarkan dalam pelatihan K3 ini tidak hanya digunakan untuk pelatihan saja akan tetapi juga digunakan untuk penyewaan hotel makan dan lain sebagainya. Oleh karena itu lumrah-lumrah saja jika biaya pelatiha K3 ini harganya mahal.

Bagi anda yang saat ini masih berstatus sebagai mahasiswa anda supaya sudah mengikuti pelatihan K3 dari sekarang. Hal ini sangat berpengaruh bagi masa depan anda pada saat anda melamar pekerjaan nanti. Pelatihan K3 biasanya diikuti oleh orang-orang yang sudah bekerja saja yang mana orang-orang tersebut biasanya diutus oleh perusahaan mereka. Oleh karena itu jika anda yang masih berstatus sebagai seorang mahasiswa dan mempunyai sertifikat pelatihan K3 yang diakui oleh kementrian Negara maka anda akan dipandang lebih dari pada yang lain oleh perusahaan yang akan anda beri lamaran pekerjaan. Dalam pelatiha K3 biasanya anda diberikan training K3 yang mana training ini biasanya dilakukan 3 hari. Training tersebut akan mengajarkan anda tentang tata cara bekerja yang benar. Selain itu anda juga akan diajari tentang bekerja yang tidak menimbulkan capek dengan cepat.

Biasanya orang bnekerja dengan asal-asalan dan tidak memperhatikan posisi yang tepat dalam bekerja sehingga pekerja tersebut cepat sekali capek. Jika para pekerja capek maka mereka tidak bisa bekerja dengan maksimal dan hal ini sangat berdampak pada perusahaan. Jika para pekerja tidak bisa bekerja dengan maksimal maka mereka tidak bisa memenuhi produksi produk yang telah ditetapkan oleh perusahaan sehingga target perusahaan tidak terpenuhi dan akan mengakibatkan kerugian bagi perusahaan tersebut. Oleh karena itu saat ini perusahaan sangat memperhatikan dengan betul K3 agar mereka mempunyai karyawan yang bisa bekerja denghan baik.

Bekerja dengan standar K3 ini merupakan pekerjaan yang menguntungkan dua belah pihak yaitu dari pihak perusahaan dan juga pihak karyawan itu sendiri. Bagi perusahaan mereka akan mendapatkan untung dari K3 karena mereka tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengobati karyawan yang terluka pada saat mereka bekerja. Sedangkan bagi pekerja sendiri mereka akan mendapatkan manfaat yaitu untuk bisa selamat pada saat bekerja.

 

Semoga Bermanfaat.