Info – Cara Mendapatkan Sertifikat SMK3

Info – Cara Mendapatkan Sertifikat SMK3

Construction workers talking about new construction site with copy space. Engineers in mechanical factory reading instructions. Architect in construction uniform holding blueprint and discussing.

Antusiasme pengusaha kontraktor jasa konstruksi untuk memperoleh sertifikat SMK3 perlu apresiasi dari semua pihak, baik pemerintah melalui Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Pekerjaan Umum, LPJK, dan tentunya konsultan SMK3. Sertifikat SMK3 banyak bertumpu pada satu peraturan pemerintah yaitu PP 50 Tahun 2012 yang dilaksanakan oleh Disnakertrans, sehingga banyak hal yang akan bersinggungan langsung dengan kepentingan Disnaker ini.

Di awal tahun ini, banyak pertanyaan yang muncul seputar SMK3 PP 50 tahun 2012, diantaranya:

Bagaimana cara mendapatkan ijazah SMK3 berdasarkan PP 50 tahun 2012?
Apa yang Anda lakukan pertama kali untuk memasuki proses sertifikasi SMK3?
Apakah mudah menghadapi proses audit SMK3?
Apa yang disiapkan untuk persiapan audit SMK3?
dan masih banyak pertanyaan lain terkait proses sertifikasi audit SMK3.
Sebagai contoh konsultasi audit SMK3 yang telah kami lakukan dalam penerapan SMK3 di salah satu kontraktor jasa konstruksi untuk bilangan Menanggal di Surabaya.

Langkah pertama dalam proses mendapatkan sertifikat SMK3 bidang konstruksi adalah memilih konsultan audit SMK3 yang berpengalaman. Pengalaman petugas konsultan audit SMK3 akan sangat mempengaruhi kecepatan pelaksanaan proses sertifikasi SMK3, hal ini harus ditunjang dengan kompetensi petugas konsultan audit SMK3
dengan sekurang-kurangnya petugas harus memiliki Sertifikat Ahli K3 pada tingkat Madya yang berarti telah berpengalaman di bidang konstruksi K3 lebih dari 7 (tujuh) tahun.
Langkah kedua dari proses sertifikasi audit SMK3 yang dilakukan oleh konsultan audit SMK3 adalah pendataan pekerja kantoran dan proyek yang sedang berjalan (KTP – KSK – NPWP – Ahli K3 – Kartu JAMSOSTEK – SIO/operator alat berat – HIPERKES
Selanjutnya adalah menyiapkan dokumen sesuai PP 50 Tahun 2012.
peraturan dan undang-undang SMK3.
Pedoman K3.
Peraturan dan Peraturan Perundang-undangan tentang pembangunan K3.
Prosedur kerja K3.
Instruksi kerja K3.
Format konstruksi SMK3.
Kemudian implementasi penerapan konsultan SMK3 adalah sosialisasi SMK3 perusahaan.
Sosialisasi dokumen tentang aspek lingkungan kerja kantor dan proyek yang sedang berjalan.
Pelatihan identifikasi bahaya.
Pengenalan tanda bahaya.
Pengenalan tanda-tanda peringatan bahaya.
Pelatihan untuk audit SMK3.
Pelatihan tim darurat di kantor dan di proyek.
Pelatihan pemadam kebakaran.
Pelatihan bahaya.
Pelatihan kotak P3K.
Melaksanakan kepatuhan terhadap standar dan persyaratan alat dan perlengkapan.
Sertifikasi alat berat mendapatkan Lisensi Alat Berat SIA: Crane, Excavator, Dozer, Dumptruck.
Kalibrasi alat ukur.
Pemenuhan APD Alat Pelindung Diri.
Pemenuhan rambu K3.
Pembentukan Panitia P2K3 Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
Memenuhi kebutuhan pelaksanaan proses audit SMK3.
Ketua P2k3.
Melaksanakan tugas P2K3.
Penerapan komitmen perusahaan kontraktor terhadap SMK3.
Penerapan PP 50 tahun 2012 oleh Disnakertrans sebenarnya dapat dikatakan menyelamatkan perusahaan yang sedang dan ingin berkembang dengan menerapkan sistem manajemen yang baik dan terukur di segala aspek terutama di bidang pengendalian, perancangan, pelaksanaan, pemeliharaan dan bahkan pengawasan melalui pola pelaporan yang intens.

Bagian terpenting dalam menunjang cara memperoleh Sertifikat SMK3 di atas adalah terlaksananya tugas Konsultan Audit SMK3 yang akan mengarahkan pelaksanaan proses sertifikasi SMK3 di jalan yang cepat, tepat dan efisien sesuai dengan kriteria suatu konstruksi. perusahaan kontraktor jasa.
Keunggulan petugas lembaga konsultan audit SMK3 dapat dibuktikan dengan bagaimana suatu perusahaan dapat menerima, mempelajari, melaksanakan dan juga yang terpenting adalah menerapkan Sistem Manajemen K3 ini secara sistematis dan berkesinambungan secara cepat dan benar.

Pengalaman mengajarkan bahwa petugas Konsultan Audit SMK3 harus memiliki komitmen dan tentunya petugas yang berpengalaman, ini bukan tentang perusahaan yang membawahinya melainkan dilaksanakan oleh konsultan audit SMK3 secara intensif dan dapat berempati dalam mengelola perusahaan dari dalam, sekaligus sebagai pemahaman seluk beluk permasalahan perusahaan kontraktor jasa konstruksi. akan melaksanakan SMK3.

Info Lebih Lanjut untuk Sertifikasi SMK3