Jangan Tergiur Dengan Biaya Pelatihan K3 Yang Relatif Murah

Pelatihan K3 Sangat Penting Bagi Para Pekerja
Sertifikasi Pelatihan K3 Yang Efektif
February 7, 2017
Pelatihan k3 deltaindo2
pelatihan k3 untuk ahli k3 umum yang diwajibkan
March 19, 2017

Jangan Tergiur Dengan Biaya Pelatihan K3 Yang Relatif Murah

psm_wordcloud

Jangan Tergiur Dengan Biaya Pelatihan K3 Yang Relatif Murah

Beberapa tahun terakhir di media cetak maupun di media online Indonesia banyak berita yang beredar dan cukup mencoreng pada dunia K3, yaitu tentang pelaksanaan pelatihan untuk menjadi ahli K3 bersertifikasi oleh sebagian penyedia jasa pelatihan dalam hal ini perusahaan jasa keselamatan dan kesehatan kerja atau yang biasa disingkat PJK3, perusahaan tersebut menyediakan jasa pelatihan dengan harga yang sangat murah dan di luar logika. Dalam hal ini siapa yang tidak tertarik dengan harga yang sangat murah dibandingkan dengan biaya pelatihan K3 bersertifikasi yang rata-rata tergolong tinggi. Satu hal yang perlu dipertimbangkan, dengan harga yang tergolong murah bisa dipastikan adanya penurunan mutu/kualitas, fasilitas dan pelayanan dari yang biasanya. untuk selanjutnya mari kita lihat lebih jauh tentang polemik ini.

Biaya pelatihan K3 yang tergolong murah tentu saja akan mengundang minat dari para calon peserta training berbondong-bondong untuk ikut serta dalam pelatihan, bahkan jumlahnya bisa mencapai hinga ratusan peserta. Hal ini menyebabkan pelatihan K3 umum bersertifikasi seperti seminar yang diikuti ratusan orang/peserta tidak maksimal, pembelajaran tidak akan fokus dan membuat apa yang didengar susah untuk dicerna atau masuk lewat telinga kiri dan keluar lagi lewat telinga kanan karena terlalu banyak peserta.

Baca Juga : http://deltaindo.co.id/

Untuk mengikuti pelatihan ahli K3 umum bersertifikasi di awal-awal dulu memakan waktu yang cukup lama bahkan bisa lebih dari sebulan lamanya. Namun karena beberapa hal pertimbangan dan kendala, pihak dari lingkup Kementrian Ketenagakerjaan mengambil kebijakan untuk menyingkat kurikulum hingga waktu dalam pelaksanaan diklat bisa ditempuh hanya 12 hari. Seiring dengan waktu yang dipersingkat dan dengan materi yang sangat padat, sehingga apabila peserta absen atau tidak mengikuti pelatihan 1 hari saja akan banyak ketinggalan materi, maka tujuan dalam pelatihan K3 bisa tidak tercapai. Mengingat keadaan demikian seharusnya pelaksanaan diklat harus dapat dikondisikan sebaik mungkin agar bisa terserap dengan baik oleh peserta dan tercapainya tujuan diadakannya pelatihan untuk mencetak ahli K3 bersertifikasi.

Biaya pelatihan yang sangat murah banyak mengecoh para peserta, berdasarkan laporan yang masuk ke Kantor Pusdiklat K3 bahwa dari 200 peserta, sebelum mengikuti diklat dijanjikan sertifikat K3 umum dari Kementrian Ketenagakerjaan. Namun setelah mengikuti pelatihan yang mendapat sertifikat hanya 35 orang, hal demikian terjadi karena pada saat pelaksanaan pelatihan K3 berlangsung tidak kondusif, karena diikuti terlalu banyak peserta dengan materi yang padat dan berimbas pada saat ujian mereka tidak mampu menyelesaikan dengan baik. Sehingga dengan alasan tersebut banyak peserta tidak lolos dan tidak mendapatkan sertifikat.

Setelah mengikuti pelatihan K3 maka anda akan mendapatkan sertifikat ahli K3 umum, sertifikat yang berlaku seumur hidup bagi anda yang mendapatkannya. Sedangkan yang perlu diperpanjang hanyalah SKP dan lisensinya dalam jangka 1 kali setiap 3 tahun atau pada saat anda pindah tempat bekerja, serta biaya administrasi perpanjangan juga ditanggung oleh perusahaan tempat anda bekerja. Jika sertifikat ini berlaku untuk seumur hidup maka otomatis anda hanya sekali saja membayarnya dan sebernarnya jika dibandingkan dengan ilmu dan pengalaman yang didapat, biaya yang anda keluarkan untuk mengikuti training K3 masih tergolong murah. Karena dengan sertifikat yang anda miliki, dimasa depan dalam dunia pekerjaan anda bisa menuai hasil yang lebih dari harga yang sudah anda bayarkan dan  manfaatnya bagi anda sangat besar. Jadi, mengapa harus pelit dan terlalu perhitungan dengan mempertanyakan biaya pelatihan yang mahal. Biasanya biaya pelatihan dengan harga murah ditawarkan oleh para vendor yang baru memulai usahanya di bidang PJK3, sedangkan biaya yang tergolong relatif tinggi diadakan oleh vendor yang sudah lama malang melintang dan sudah sudah eksis lebih berpengalaman di dunia PJK3 dengan rekam jejak yang sudah teruji. Pastinya dalam hal pelayanan mereka lebih mahir, tentu saja karena semuanya juga harus berbanding dengan harga yang sudah ditawarkan.

Info yang juga beredar belakangan ini di media sosial yang cukup menyedihkan tentang dunia pelatihan K3, dengan peserta yang mengikuti diklat yang terlalu banyak, ada sesuatu yang tertangkap kamera yaitu beberapa botol minuman keras berada di dalam kelas pelatihan, namun saat ini gambar sudah dihapus. Ini terjadi karena kebanyakan peserta sehingga lemahnya pengawasan, dengan tujuan meringankan beban biaya peserta untuk mengikuti training tapi malah merugikan semua pihak dan merugikan PJK3 itu sendiri. Himbauan dari Pusdiklat K3 supaya peserta yang ingin mengikuti pelatihan sebagai ahli dalam K3 yang bersertifikasi dan lainnya, supaya jangan terlalu tergiur dengan biaya pelatihan yang terlalu murah, jangan terlalu perhitungan karena sertifikat yang didapat adalah untuk seumur hidup manfaatnya, bahkan bisa lebih besar dari duit yang anda keluarkan.

Comments

comments

DeltaIndo Consultant & Training
DeltaIndo Consultant & Training
Telp : (021) 888 69 010 / 888 69 021 Fax : (021) 888 68 969 Email : deltaindonesia@gmail.com Alamat : Komp. Ruko Suncity Square H-20 Jl. M. Hasibuan Margajaya – Bekasi

Powered by rumahentrepreneur.org anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com