Jenis Jenis Forklift

Jenis Jenis Forklift

Jenis Jenis Forklift – Mesin Angkat adalah alat untuk memudahkan proses pengangkatan benda berat dari satu tempat ke tempat lain, baik di dalam maupun di luar ruang, namun forklift biasanya hanya digunakan untuk jarak dekat (lingkup area kerja). berbeda satu sama lain. Untuk itu mari kita simak beberapa jenis forklift yang ada.

 

  • Forklift Diesel
    Forklift Diesel paling terkenal dan paling banyak digunakan. Forklift jenis ini menjadi incaran perusahaan dan pabrikan karena harga sewa yang murah dan perawatan yang mudah.
    Kemampuan forklift diesel adalah mengangkat beban maksimal 10 ton dan mampu mengangkat hingga ketinggian 6 meter.
    Forklift jenis ini jarang digunakan di dalam ruangan karena berbahan bakar solar yang mengeluarkan emisi gas berbahaya. Jika emisi atau gas buang yang terhirup terlalu banyak dapat menyebabkan sesak napas dan membahayakan kesehatan.

Jenis Jenis Forklift

  • Forklift Bensin (LPG)
    Forklift berbahan bakar bensin ramah lingkungan karena menggunakan bahan bakar gas. Selain ramah lingkungan, harga sewanya pun masih sangat terjangkau.
    Kapasitas angkat forklift bensin hanya 2 meter dengan kapasitas 2 ton karena ukuran forklift jenis ini relatif kecil.
    Forklift bensin banyak digunakan di dalam ruangan karena ukurannya yang kecil dan bahan bakarnya yang ramah lingkungan.
    Namun karena bahan bakar yang digunakan berupa gas, banyak tenant yang mempertimbangkan untuk memilih forklift jenis ini terkait pengisian bahan bakar. Pasalnya, saat bahan bakar habis di tengah jalan, akan sulit mencari lokasi untuk mengisi ulang.

Jenis Jenis Forklift

  • Forklift Listrik
    Mesin listrik banyak digunakan di dalam ruangan karena
    Ini didukung oleh baterai dan dapat diisi ulang dengan listrik. Jadi, forklift jenis ini merupakan forklift yang ramah lingkungan.
    Kemampuan angkat jenis ini mampu mengangkat hingga ketinggian 6 meter dengan kapasitas maksimal 5 ton.
    Sayangnya, mesin elektrik ini tidak dapat dioperasikan secara terus menerus, mengingat kapasitas baterainya yang hanya mampu bertahan kurang dari 8 jam.

Forklift

 

  • Truk Jangkauan Forklift
    Forklift jenis ini mirip dengan forklift listrik karena sama-sama menggunakan baterai isi ulang sebagai sumber tenaganya.
    Lifting dan kapasitasnya tidak jauh berbeda. Perbedaan satu-satunya adalah truk penjangkau forklift ini dilengkapi dengan palet sehingga memudahkan dalam memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain.
    Truk penjangkau forklift ini banyak direkomendasikan oleh layanan persewaan. Alasannya jelas, karena ukuran, daya yang digunakan dan juga kapasitasnya.
    Penggunaan forklift sangat membantu untuk aktivitas di pabrik. Baik untuk mengangkat barang di dalam maupun di luar ruangan. Pastikan Anda menggunakan jenis forklift yang sesuai dengan kebutuhan Anda agar tidak cepat merusak forklift. Perawatan forklift terbilang mudah dan murah, sehingga dengan menggunakan porsi yang tepat akan membantu membuatnya lebih awet.

 

Forklift sendiri mempunyai bagian-bagian komponen kerja, bagian-bagian tersebut adalah:

  • Garpu / Fork
    Garpu berfungsi untuk menopang benda yang akan anda bawa atau angkat. Benda yang terbuat dari dua potongan besi sepanjang 2,5 m ini mampu mengangkat beban berat. Selain itu, jika Anda mampu menentukan posisi benda dengan berat maksimum.
    Tiang kapal
    Tiang berfungsi sebagai miring dan mengangkat, dirancang dengan dua potong besi tebal yang terkait dengan sistem hidrolik yang dirangkai menjadi satu dengan forklift ini.

Baca Juga : pelatihan-k3-crane-beserta-pengertiannya

  • Pengangkutan / Carriage
    Karies merupakan penghubung antara garpu dan tiang, yang dapat menunjang kinerja forklift dengan baik. Benda ini berfungsi sebagai sandaran dan pengaman barang yang dibawa di atas pallet untuk memudahkan Anda mengangkat dan mengangkutnya. Garpu inilah yang digunakan sebagai tempat meletakkan benda-benda yang dapat dibawa dengan sempurna.
  • Pengimbang / Counterweight
    Counterweight merupakan suatu benda yang mampu menyeimbangkan beban yang anda bawa di forklift. Bagian ini berlawanan dengan posisi garpu.
  • Roda atau ban
    Ban roda atau forklift pada umumnya ada 2 jenis yaitu ban pneumatik (udara) dan ban padat. Ban padat biasanya digunakan di area ekstrim yang memiliki medan berbahaya (tajam). Ban forklift terdiri dari 2 ban depan dan 2 ban belakang dimana ukuran ban depan lebih besar dari ban belakang karena ban depan mempunyai tugas vital sebagai pusat penopang beban yang menyeimbangkan beban & penyeimbang.
  • Overhead Guard
    Overhead Guard merupakan pelindung bagi pengemudi alat berat atau yang sering disebut dengan istilah supir forklift. Melindungi dari kecelakaan atau jatuhnya barang bawaan yang sedang dibawa dan melindungi dari panas matahari dan hujan.

 

Sumber di ambil dari : https://forkliftsemarang.com/distributor-berbagai-jenis-forklift/