Langkah Aman Bekerja di Pabrik Manufacture

Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Pertambangan
April 11, 2017
Pentingnya Pelatihan K3 dan Tips Keselamatan dan Kesehatan Kerja
April 17, 2017

Langkah Aman Bekerja di Pabrik Manufacture

Langkah Aman Bekerja di Pabrik Manufacture

pelatihank3manufakturAda sejumlah rangkaian tes yang perlu dilewati agar bisa bekerja sebagai seorang operator pabrik. Apabila Anda dapat lolos tes dan di terima bekerja di perusahaan tersebut jelas hal itu merupakan sebuah prestasi tersendiri.
Adapun setelah di terima bekerja, tugas baru siap menanti Anda. Ada beberapa hal yang harus dipelajari. Anda pun harus menguasai sistem produksi, SOP (Standard Operating Procedure), situasi tempat kerja, kesehatan dan keselamatan kerja. Tulisan ini yaitu mengenai 6 Tips Aman Bekerja di Pabrik Manufacture.

Baca Juga : http://deltaindo.co.id/
Bekerja di pabrik pasti tidak terlepas dari potensi bahaya. Potensi bahaya itu dapat menjadi nyata yang mana menyebabkan terjadinya cedera hingga kematian. Terutama apabila dalam setiap prosesnya tidak disertai dengan pengetahui menjalankan pabrik secara aman.
Seorang pimpinan pabrik yang baik sudah semestinya memberikan info terkait pelatihan dan pendidikan yang diperlukan para pekerjanya. Selain itu, sebagai pekerja Anda juga harus aktif mencari info tambahan yang berguna. Karena itu sebelum mulai bekerja, pastikan Anda telah membaca dan mengerti beberapa tips aman bekerja di pabrik berikut ini :

  1. Mengerti Kebijakan dan Ketentuan Perusahaan
    Mengerti sepenuhnya mengenai kebijakan dan ketentuan yang berlaku di perusahaan terutama yang mencakup kesehatan dan keselamatan kerja. Pahami benar dan pastikan memperoleh penjelasan detail karena kebijakan dan ketentuan itu merupakan referensi utama.

 

Artikel pelatihan k3

  1. Kenali Tempat Kerja
    Kenali situasi dan kondisi tempat kerja Anda. Setiap bahan biasanya akan disimpan di tempat berbeda tergantung sifatnya contoh bahan kimia yang mudah terbakar dan lainnya.
  2. Kuasai Proses Produksi
    Agar selamat dalam bekerja pastikan untuk menguasai proses produksi dan keselamatan dalam prosesnya. Misalnya mengerti mengenai kondisi operasi, diagram instrumentasi, aliran material, sistem keamanan, serta sistem interlock. Dalam hal semacam ini Anda pun harus mempelajari cara penggunaan alat yang benar dan aman. Terlebih untuk alat-alat yang digerakkan secara manual.
  3. Mengerti Prosedur Operasi Standar
    Mengerti setiap prosedur operasi stadar yang berhubungan langsung dengan jenis pekerjaan yang harus Anda kerjakan setiap hari sebagai operator pabrik. Penting juga untuk mengetahui tindakan pencegahan pada setiap ancaman bahaya.
  4. Kuasai MSDS dan Simbol Penting
    Pelajari dan mengerti cara membaca MSDS atau Material Safety Data Sheet. Hindari berinterkasi dengan bahan apa pun sebelum membaca MSDS. Kuasai juga setiap simbol yang digunakan ditempat kerja. Pasalnya setiap simbol memiliki arti tersendiri dan harus menjadi perhatian.
  5. Bekerja Sesuai Kemampuan
    Hindari penugasan untuk pekerjaan diluar pemahaman Anda. Tetapi, tentunya pabrik yang bertanggungjawab tidak akan memberi pekerjaan kepada pekerjanya untuk pekerjaan yang tidak disertai dengan pelatihan.

Comments

comments

DeltaIndo Consultant & Training
DeltaIndo Consultant & Training
Telp : (021) 888 69 010 / 888 69 021 Fax : (021) 888 68 969 Email : deltaindonesia@gmail.com Alamat : Komp. Ruko Suncity Square H-20 Jl. M. Hasibuan Margajaya – Bekasi

Powered by rumahentrepreneur.org anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com