Jenis jenis Crane beserta pengertiannya

Jenis jenis Crane beserta pengertiannya

Penjelasan tentang crane serta penggunaan dan jenisnya. Derek dan fungsi penggunaannya dapat berbeda-beda.

Kita sering melihat dan tentunya paham bahwa alat ini digunakan untuk membantu dalam pengangkatan. Alat angkat ini biasanya digunakan pada proyek konstruksi atau pekerjaan yang membutuhkan alat bantu untuk membantu mengangkat atau berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Cara kerja crane adalah dengan mengangkat material yang akan dipindahkan, menggerakkannya secara horizontal, kemudian menurunkan material tersebut ke tempat yang diinginkan. Beberapa jenis crane yang umum digunakan adalah:

Berbagai jenis crane:
1. Derek Perayap

Pelatihan K3 Crane

Jenis ini memiliki permukaan bergerak 3600. Dengan roda perayap, crane jenis ini dapat bergerak di dalam lokasi proyek sambil melakukan tugasnya. Ketika derek akan digunakan pada proyek lain, derek diangkut menggunakan trailer lowbed. Pengangkutan ini dilakukan dengan membongkar boom menjadi beberapa bagian untuk memudahkan penyelenggaraan pengangkutan.

  1. Truk Derek
    Crane jenis ini dapat berpindah dari satu proyek ke proyek lainnya tanpa bantuan alat angkut. Namun, bagian dari crane tersebut tetap harus dibongkar untuk memudahkan pergerakan. Layaknya crawler crane, truck crane ini dapat berputar 360 derajat. Untuk menjaga keseimbangan alat, truk derek memiliki kaki-kaki. Dalam pengoperasiannya kaki harus dipasang dan roda diangkat dari tanah sehingga keselamatan pengoperasian dengan boom yang panjang tetap terjaga.
  2. Derek untuk Lokasi Terbatas
    Crane jenis ini ditempatkan pada dua as dimana kedua asnya bergerak secara bersamaan. Dengan kelebihan tersebut, crane jenis ini dapat bergerak dengan leluasa. Penggerak crane jenis ini merupakan roda yang sangat besar yang dapat meningkatkan kemampuan alat untuk bergerak di medan dan dapat melaju di jalan raya dengan kecepatan maksimal 30 mph. Lokasi ruang operator crane biasanya pada bagian geladak yang berputar.
  3. Tower Crane
    Tower crane adalah alat yang digunakan untuk mengangkat material secara vertikal dan horizontal ke suatu tempat yang tinggi dalam ruang yang terbatas. Jenis crane ini dibagi berdasarkan cara berdiri crane, yaitu crane berdiri bebas, crane terpasang rel, crane tower terikat dan crane panjat.

untuk bisa mengoperasikan ini harus ikut Pelatihan K3 Crane

Pelatihan K3 Crane
Crane is used in the construction of buildings.

 

Bagian Crane

Bagian dari crane adalah tiang atau tiang utama, jib dan counter jib, counterweight, trolley dan tali pengikat. Tiang tiang adalah tiang vertikal yang berdiri di atas alas atau alas. Jib adalah tiang horizontal yang panjangnya ditentukan berdasarkan jarak yang diinginkan.

  1. Kriteria pemilihan Tower Crane
    Pemilihan tower crane sebagai alat pemindah material didasarkan pada kondisi lapangan yang tidak besar, ketinggian yang tidak terjangkau alat lain. Dan tidak perlu alat bergerak. Pemilihan jenis tower crane yang akan digunakan harus memperhatikan situasi proyek, bentuk struktur bangunan, kemudahan pengoperasian baik pada saat pemasangan maupun pada saat pembongkaran.

Baca Juga : riksa-uji-alat.html

Sedangkan pemilihan kapasitas tower crane didasarkan pada berat, dimensi, dan jangkauan beban terberat, tinggi maksimum alat, proyeksi perakitan alat, berat alat yang harus ditopang oleh struktur, ruang yang tersedia untuk alat, luas yang harus dijangkau alat dan kecepatan alat untuk menggerakkannya. bahan. Pelatihan K3 Crane bisa di ikuti di sini.

2. Kapasitas Tower Crane
Kapasitas tower crane tergantung pada beberapa faktor. Yang perlu diperhatikan adalah jika material yang diangkut crane melebihi kapasitasnya maka akan terjadi jungkir balik. Oleh karena itu, berat material yang diangkut haruslah sebagai berikut:
1). Untuk roda perayap, 75% dari kapasitas perkakas
2). Untuk mesin beroda ban karet sudah 85% dari kapasitas alat
3). Untuk mesin yang memiliki kaki-kaki ini adalah 85% dari kapasitas perkakas

Faktor eksternal yang harus diperhatikan dalam menentukan kapasitas alat adalah
1). Kekuatan angin melawan alat tersebut
2). Beban ayun saat digerakkan
3). Kecepatan transfer material
4). Pengereman mesin sedang bergerak

Pelatihan K3 Crane baca di deltaindo

di edit dan disadur dari https://www.elhifa.co.id/penjelasan-tentang-crane-dan-kegunaanya-serta-jenisnya/