Pelatihan K3 Dalam Dalam Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja

Biaya Pelatihan K3 yang perlu dipertimbangkan
March 19, 2017
Pelatihan k3 deltaindo2
Pelatihan K3 Untuk Ahli Konstruksi yang terbaru
March 21, 2017

Pelatihan K3 Dalam Dalam Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja

pelatihan k3 cegah kecelakaan

Pelatihan K3 Dalam Dalam Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja
adalah program pencegahan yang harus terus dilakukan secara masif… Hubungi ( 021 ) 88869010, 88869021

Berdasarkan peraturan pemerintah, setiap perusahaan wajib untuk mempunyai Ahli K3 supaya pelaksanaan K3 di tempat kerja dapat tercapai dan dapat berjalan dengan optimal. Menunjuk ahli dalam kesehatan dan keselamatan kerja yang bersertifikasi adalah program pemerintah dan merupakan salah satu upaya untuk mengurangi resiko kecelakaan dalam dunia kerja sehingga dapat meningkatkan keamanan bekerja. Atas dasar itu dirancang pelatihan ahli K3 untuk memenuhi kebutuhan operasional perusahaan, meningkatkan mutu dan daya saing perusahaan dalam menjamin kesehatan dan keselamatan kerja. Pelatihan K3 pada saat ini memang tidak bisa dipungkiri sudah menjadi kebutuhan wajib bagi seluruh tenaga kerja.

Baca Juga : http://deltaindo.co.id/

Undang-undang yang mengatur mengenai K3

Berikut adalah Undang-undang yang mengatur tentang pentingnya K3 dan Pelatihan K3 di dunia kerja:

  1. Undang-undang nomor 1 tahun 1970, yang membahas mengenai keselamatan kerja, telah dengan jelas mengatur mengenai kewajiban atasan pada tempat bekerja maupun para pekerja dalam hal menerapkan keselamatan kerja.
  2. Undang-undang nomor 13 tahun 2003, yang membahas mengenai ketenagakerjaan, yang mengatur tentang semua hal yang berkaitan dengan ketenagakerjaan, mulai dari pembayaran upah kerja, hak cuti, jam kerja, sampai pada hal mengenai keselamatan dan kesehatan kerja para pekerja.
  3. Undang-undang nomor 23 tahun 1992, yang membahas mengenai kesehatan, menyatakan kewajiban bagi perusahaan untuk melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan badan maupun kondisi kejiwaan dan kemampuan fisik pekerja yang baru, maupun yang akan pindah ke tempat kerja yang baru, sesuai dengan jenis-jenis pekerjaan yang diberikan kepada pekerja, serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin atau berkala. Sebaliknya dari sisi lain pekerja juga harus turut berperan aktif untuk mendukung supaya tercapainya K3, seperti kewajiban menggunakan alat pelindung diri atau APD dengan tepat dan benar, harus mematuhi aturan maupun syarat keselamatan dan kesehatan kerja yang diterapkan oleh perusahaan.

Keselamatan dan kesehatan kerja adalah suatu kondisi dalam hidup yang sehat dan pekerjaan serta keamanan, baik itu pekerja maupun perusahaan dan juga lingkungan di sekitar perusahaan tersebut berada. Keselamatan dan kesehatan kerja juga suatu usaha untuk mencegah perbuatan atau kondisi tidak selamat, yang mengakibatkan insiden yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja dalam dunia kerja. Penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja di dunia kerja makin hari semakin tidak bisa ditawar lagi, supaya dalam penerapan K3 di perusahaan berhasil maka diperlukan personil-personil yang kompeten. Untuk itu, perlu dilakukan pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan tujuan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja tersebut agar resiko terhadap kecelakaan kerja dapat di minimalisir. Pelatihan K3 merupakan suatu pelatihan  yang diselenggarakan guna membekali untuk meningkatkan, mengembangkan kemampuan produktivitas dan kesejahteraan tenaga kerja.

Jenis Pelatihan K3

Menurut seorang ahli dalam bidang K3, Pelatihan K3 dapat dikelompokkan sebagai berikut:

  • Induksi K3

Induksi K3 adalah pelatihan yang diberikan kepada seseorang seseorang sebelum mulai bekerja atau memasuki tempat kerja, pelatihan ini ditujukan bagi pekerja baru, pindahan, kontraktor yang bekerja sama dengan perusahaan atau tamu kunjungan perusahaan.

  • Pelatihan Khusus K3

Pelatihan yang berkaitan dengan tugas pekerja, misalnya pekerja pada lingkungan pabrik kimia yang harus diberi pengetahuan mengenai sifat atau bahaya-bahaya yang dapat ditimbulkan oleh bahan kimia yang ada dan bagaimana cara pengendaliannya.

Pelatihan ini merupakan program pelatihan bersifat umum yang diberikan kepada semua level pekerja, mulai dari level bawah sampai level puncak pada perusahaan. Pelatihan ini ditujukan untuk menanamkan budaya keselamatan dan kesehatan kerja di kalangan pekerja, misalnya materi tentang dasar K3 pada keadaan darurat dan pemadaman kebakaran.

Adapun manfaat yang didapatkan dari pelatihan K3

  1. Setelah mendapatkan pelatihan K3 dapat mengurangi angka kecelakaan serta penyakit yang diakibatkan dalam bekerja, serta dapat juga menjamin performa dan produktivitas kerja karyawan karena keselamatan dan kesehatannya dalam bekerja sudah terjamin.
  2. Dapat meningkatkan keahlian dan kompetensi seseorang dalam bidang kesehatan dan keselamatan kerja, yang merupakan bidang yang sangat berkembang dan sudah menjadi suatu kebutuhan dalam dunia kerja pada saat ini yang tudak bisa ditawar lagi.
  3. Menjadi perusahaan yang tertib dan patuh pada peraturan pemerintah dan perusahaan yang peduli terhadap kesematan pekerjanya.
  4. Memberi rasa aman dalam bekerja kepada mitra kerja perusahaan, sehingga dapat menimbulkan rasa kepercayaan penuh untuk tidak ada hambatan dalam pekerjaan, misalnya hambatan seperti hilangnya hari kerja karena terjadi kecelakaan kerja dan bisa juga meningkatkan pendapatan dan profit perusahaan karena bisa mengurangi atau mencegah kerugian jika seandainya terjadi insiden.

Jadi dari beberapa penjelasan diatas sudah bisa dilihat begitu sangat penting dan sudah menjadi sebuah kewajiban bagi perusahaan supaya dapat menerapkan dan mengikuti pelatihan K3 atau memberikan training K3 kepada seluruh para pekerja. Lebih seriusnya lagi pemerintah juga akan memberikan sanksi-sanksi terhadap perusahaan yang tidak patuh dan tidak serius terhadap himbauan dan aturan-aturan yang sudah menjelaskan tentang keselamatan dan kesehatan kerja

Comments

comments

DeltaIndo Consultant & Training
DeltaIndo Consultant & Training
Telp : (021) 888 69 010 / 888 69 021 Fax : (021) 888 68 969 Email : deltaindonesia@gmail.com Alamat : Komp. Ruko Suncity Square H-20 Jl. M. Hasibuan Margajaya – Bekasi

Powered by rumahentrepreneur.org anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com