Pelatihan K3 Di Pengeboran Minyak Dan Gas Alam

pelatihan k3 juga
Pelatihan K3 Dalam Dunia Perkantoran
March 21, 2017
deltaindo2
Training Pelatihan K3 untuk Umum yang disarankan
March 21, 2017

Pelatihan K3 Di Pengeboran Minyak Dan Gas Alam

pelatihan k3 pengeboran minyak

Pelatihan K3 Di Pengeboran Minyak Dan Gas Alam

Dalam bidang pekerjaan tentu mempunyai resiko berbahaya yang berbeda-beda tergantung dari bidang pekerjaanya seperti apa sehingga jika semakin beresiko tentu akan berdampak pada upah yang diperoleh karena semakin beresiko biasanya semakin tinggi gaji atau upahnya. Salah satu yang beresiko tinggi adalah bidang pekerjaan yang berhubungan dengan pengeboran minyak dan gas. Hal tersebut dapat berbahaya bagi pekerja karena mereka bekerja bukan berada di darat yang kemungkinan kecil tidak terjadi kecelakaan kerja yang membahayakan karena dekat dengan bantuan untuk mengatasi kecelakaan kerja tersebut. akan tetapi jika dalam bidang pekerjaan dipengeboran minyak dan gas tentu berada di tengah laut sehingga akan berbahaya bagi pekerja jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan di laut tersebut. industri migas adalah perusahaan yang beresiko tinggi pada tingkat kecelakaan kerja sehingga harus ada pelatihan k3 untuk mengatasi hal tersebut untuk meminimalisir adanya kecelakaan kerja yang tentunya akan merugikan perusahaan atau pekerja itu sendiri.

Pelatihan K3 Di Pengeboran Minyak Dan Gas Alam

Pelanggaran yang disebabkan kelalaian dan ketidakpedulian sekecil apapun terhadap persayaratan K3LH dapat berakibat fatal sehingga akan berdampak besar pada produksi pengeboran minyak dan gas tersebut. oleh karena itu baik dari pengawas pengeboran atau pihak terkait harus saling waspada dalam mengatasi masalah yang ada dalam pengeboran tersebut karena jika terjadi kelalaian maka yang paling dirugikan adalah perusahaan serta konsumen yang tidak mendapatkan kebutuhanya yaitu minyak dan gas alam. Pemerintah juga harus berperan dalam hal ini karena dari pihak pemerintah juga membutuhkan minyak dan gas alam untuk konsumen baik dari masyarakat atau bahan bakar pabrik sehingga untuk mendukung perekonomian yang meningkat maka harus memperhatikan tentang pengeboran minyak dan gas alam tersebut. untuk itu demi melancarkan produktivitas dipengeboran tersebut maka pemerintah harus mengadakan pelatihan k3 yang bermanfaat bagi pekerja pada area tersebut. dalam training k3 tersebut harus mempunyai standart dari kementrian ketenagakerjaan sehingga dapat terpenuhi prinsip k3 yang efektif bagi pekerja tersebut.

 

Untuk mengetahui tentang bagaimana pelatihan tentang k3 bersinergi dengan kenyamanan pada pekerja maka pada kesempatan ini akan ditunjukan teori apa saja yang digunakan dalam pelatihan tersebut dibidang pengeboran minyak. Kaitanya dengan teori tersebut digunakan sesuai dengan pengeboran yang dilakukan serta masalah yang dihadapi karena dalam setiap teori memilki sasaran masalah yang akan diselesaikan. Berikut adalah penjelasan tentang teori apa saja yang digunakan dalam pelatihan mengenai k3 dalam minyak dan gas alam :

  1. Perundingan K3L migas
  2. Basic safety
  3. HSE management program
  4. Identifikasi bahaya
  5. JSA
  6. Pencegahan kebakaran
  7. Fire and explosion
  8. Permit system
  9. Safe work practices
  10. Ergonomi
  11. Bahaya kesehatan kerja perminyakan.

Dari beberapa teori tersebut dapat dilakukan sesuai dengan masalah yang dihadapi terutama pada pengeboran minyak dan gas alam tertentu. Teori tersebut sangat bermanfaat jika ingin menjadi pengawas keselamatan kerja dalam sebuah bidang pekerjaan. Karena dari beberapa teori pelatihan k3 tersebut dapat digunakan dalam semua pekerjaan sehingga dapat dikatakan bahwa pelatihan tersebut dapat dikatakan sebagai pelatihan k3 umum. Untuk itu bagi pengawas dari sebuah tenaga ahli k3 biasanya menggunakan teori tersebut pada sebuah pekerjaan tertentu karena ia mensinergikan dengan pekerjaan yang dihadapi. Penggunaan teori pelatihan tersebut juga saat ini sering digunakan dengan alasan masih banyak pekerja yang tidak mematuhi prinsip k3 namun hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memberikan materi tentang dasar-dasar k3 yang efektif bagi mereka agar tidak terjadi kecelakaan yang tidak di inginkan.

Dalam pengeboran minyak dan gas alam mereka mempunyai metode khusus untuk melatih pekerjanya agar tahu tentang prinsip k3 yang tepat serta efektif. Pada kesempata ini juga akan dibahas tentang metode dalam sertifikasi k3 minyak dan gas alam. Pada metode ini diharapkan para pekerja mematuhi aturan yang diberikan oleh perusahaan kepada mereka. Selain itu tujuanya agar tidak ada kelalaian serta ketidakpedulian terhadap apa yang terjadi pada pengeboran tersebut. berikut adalah penjelasan mengenai metode tersebut secara rinci :

  1. Pelaksanaan ujian dilakuakn dengan sistem yang efektif yaitu dengan menggunakan multiple choice atau essay sehingga sertifikasi tersebut dapat mengetahui karakter dari pekerja secara lengkap.
  2. Terdapat interview kerja serta menggunakan kerja praktek penggunaan alat.
  3. Evaluasi praktek lapangan bila diperlukan karena yang mereka hadapi adalah pekerjaan di tengah laut sehingga harus ada penyesuaian tempat di dalamya.
  4. Ujian berlangsung dalam 1-2 hari dengan materi seputar pengeboran.

Dengan adanya pelatihan k3 tentang minyak dan gas alam maka diharapkan para pekerja mampu menerapkan agar tidak terjadi kecelakaan. Selain itu perusahaan juga dapat meningkatkan produktivitas terkait dengan minyak dan gas alam jika pekerjanya terjamin keamananya.

Comments

comments

DeltaIndo Consultant & Training
DeltaIndo Consultant & Training
Telp : (021) 888 69 010 / 888 69 021 Fax : (021) 888 68 969 Email : deltaindonesia@gmail.com Alamat : Komp. Ruko Suncity Square H-20 Jl. M. Hasibuan Margajaya – Bekasi

Powered by rumahentrepreneur.org anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com