Pelatihan K3 Pada Perusahaan Manufaktur

pelatihan k3 umum
Pelatihan K3 Sebagai Syarat Awal Masuk Kerja
February 3, 2017
Pelatihan K3 Sangat Penting Bagi Para Pekerja
Sertifikasi Pelatihan K3 Yang Efektif
February 7, 2017

Pelatihan K3 Pada Perusahaan Manufaktur

deltaindo2

Pelatihan K3 Pada Perusahaan Manufaktur

pelatihan k3 1

Dalam sebuah perusahaan saat ini dibagi dalam 3 bagian yaitu pada perusaahaan manufaktur, perusahaan jasa dan perusahaan kontruksi. Akan tetapi pada tiga bagian tersebut sama-sama berfungsi dalam menciptakan sesuatu atau melayani konsumen terhadap kinerja dari pekerja yang berada dalam perusahaan tersebut. angka kecelakaan kerja dalam sebuah perusahaan adalah sebuah catatan yang harus diminimalisir karena sebuah kecelakaan pasti dapat terjadi apalagi penggunaan alat pada sebuah perusahaan sangat berbahaya bagi pekerja jika digunakan tidak sesuai prosedur yang berlaku. Akan tetapi rata-rata angka kecelakaan yang tang terjadi disebabkan oleh ketidaktahuan dari para pekerja terhadap keselamatan dan kenyamanan kerja sehingga perlu dilaksanakan pelatihan K3 secara berkelanjutan agar mampu menciptakan suasana kerja yang nyaman dan aman. Dan yang paling tepat untuk melakukan pelatihan K3 umum seharusnya di lakukan diawal pekerjaan sehingga para pekerja tahu bagaimana bekerja dengan produkstivitas yang tinggi namun angka kecelakaan juga sangat sedikit.

Baca Juga : http://deltaindo.co.id/

Angka kecelakaan memang tidak bisa di hindari karena itu angka kecelakaan tersebut dapat diminimalisir dengan menggunakan pelatihan K3 dalam jangka waktu yang sering. Karena terkadang para pekerja menyalahkan perusahaan karena tidak melakukan training K3 tersebut sehingga perusahaan akan dirugikan dengan pernyataan dari para pekerja itu. Untuk itu langkah yang paling bagus adalah dengan mengadakan pelatihan pada awal masuk kerja untuk meningkatkan produktivitas serta menekan angka kecelakaan agar dapat diminimalisir dengan efektif. Dalam sebuah pelatihan terdapat sasaran dasar atau dapat dikatakn sebagai dasar-dasar dalam pelatihan kerja sehingga para pekerja diharapkan mampu menerapkanya baik dalam bidang kontruksi atau manufaktur. Namun pada kesempatan ini akan diulas sasara dasar pada pelatihan keselamatan dan kenyamanan kerja pada bidang manufaktur karena saat ini perusahaan yang berada di indonesia lebih banyak pada perusahaan manufaktur. Biasanya angka kecelakaan yang terjadi dalam perusahaan manufaktur adalah kesalahan manusia terhadap mesin yang digunakan karenanya perusahaan dituntut agar mampu mengatur semuanya untuk meminimalisir angka kecelakaan tersebut baik dari segi jam kerja, ataupun mesin yang berada dalam pekerjaan tersebut.

artikel k3 lainnya bisa anda baca di sini

Dalam sebuah pekerjaan terdapat sasaran dasar sehingga diharapkan para pekerja mampu menggunakan mesin sesuai dengan prosedur serta aman saat digunakan. Untuk lebih detailnya berikut adalah penjelasan mengenai sasaran dasar pada pelatihan keselamatan dan kenyamanan kerja :

  1. Para pekerja diharapkan akan memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk memahami peraturan dan standart K3 sehingga mereka tahu bahwa jika terjadi kecelakaan kerja maka yang harus di lakukan itu seperti apa. Semuanya sudah dijelaskan secara rinci pada pelatihan tersebut.
  2. Para pekerja diharapkan memiliki pengetahuan yang lebih tentang prinsip dan konsep dasar dalam K3 secara menyeluruh dengan menerapkan keamanan pada setiap pekerja yang ada sehingga dijamin bahwa K3 digunakan oleh pekerja saat melakukan pekerjaan.
  3. Para pekerja nantinya diharapkan mampu memiliki pengetahuan tentang sistem K3 dan fungsi dalam K3.
  4. Para pekerja diharapkan mampu memiliki pengetahuan dan mampu melakukan identifikasi bahaya di tempat kerja mereka berada.
  5. Para pekerja mampu memiliki pengetahuan tentang penyakit akibat kerja dan penyebab terjadinya kecelakaan kerja.
  6. Para pekerja mampu mengembangkan sistem kontrol kerja dan manajemen pencegahan kecelakaan di area kerja.
  7. Para pekerja mampu meletakkan fondasi smK3 di perusahaan dan memberikan training yang tepat bagi pekerja lain.

Dalam sebuah pekerjaan yang menyaratkan para pekerjanya mempunyai K3 yang baik maka perusahaan diharapkan mampu menerapkan sistem K3 di dalam area pekerjaanya sehingga hal tersebut akan bermanfaat bagi perusahaan atau bagi para pekerjanya. Jadi tempat para pekerja melakukan pekerjaan juga harus diperhatikan karena jika tempatnya kurang ergonomis maka hal yang pasti terjadi adalah kecelakaan kerja sehingga akan menurunkan produktivitas dari pekerja tersebut. untuk pelatihan K3 harus lebih ditekankan karena angka kecelakaan kini rata-rata disebabkan oleh para pekerja sendiri yang tidak mengikuti aturan yang berlaku serta hanya mementingkan pekerjaanya selesai. Akan tetapi terkadang dari pekerja sudah menerapkan K3 namun perusahaan tidak melengkapi fasiitas terkait dengan hal tersebut sehingga angka kecelakaan masih terjadi karena kesalahan dari perusahaan sendiri.

Terkait dengan perusahaan manufaktur tentunya para pekerja langsung berhadapan dengan mesin sehingga hal tersebut harus ada aturan baku untuk mengatur para pekerja agar tidak menyalahi aturan. Pada sebuah perusahaan biasanya ada pengawas yang berprofesi sebagai tenaga ahli dibidang K3 yang bertugas mengawasi para pegawai agar tidak terjadi kecelakaan kerja.

Akan tetapi jika terjadi kecelakaan kerja maka yang paling awal disalahkan adalah pengawasnya sehingga hal yang harus diperhatikan adalah dengan melakukan pelatihan K3. Untuk itu pelatihan tersebut harus lebih awal dilakukan agar mampu memberikan pengetahuan kepada pekerja untuk menekan angka kecelakaan kerja.

Comments

comments

DeltaIndo Consultant & Training
DeltaIndo Consultant & Training
Telp : (021) 888 69 010 / 888 69 021 Fax : (021) 888 68 969 Email : deltaindonesia@gmail.com Alamat : Komp. Ruko Suncity Square H-20 Jl. M. Hasibuan Margajaya – Bekasi

Powered by rumahentrepreneur.org anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com