Pelatihan K3 Sebagai Syarat Awal Masuk Kerja

Pelatihan K3 Sangat Penting Bagi Para Pekerja
Pentingnya pelatihan K3
February 2, 2017
deltaindo2
Pelatihan K3 Pada Perusahaan Manufaktur
February 4, 2017

Pelatihan K3 Sebagai Syarat Awal Masuk Kerja

pelatihan k3 umum

Pelatihan K3 Sebagai Syarat Awal Masuk Kerja

 

Dalam sebuah organisasi pekerjaan pasti anda mengenal tentang K3 yang mana pada bagian ini sangat vital berada dalam sebuah perusahaan. Akan tetapi masih banyak karyawan yang tidak menggunakan prinsip-prinsip K3 secara benar sehingga dikhawatirkan mereka berada dekat dengan sebuah kecelakaan kerja yang akan merugikan perusahaan karena citranya tercoreng atau terhadap karyawanya tersebut. terkait dengan pelatihan K3 saat ini masih banyak perusahaan yang menyepelekan hal tersebut padahal keselamatan dalam bekerja harusnya sangat diperhatikan terutama pada pekerjaan kontruksi yang membutuhkan keamanan yang sangat maksimal. Oleh karena itu dalam sebuah pekerjaan kontruksi yang paling terpenting sebelum masuk kerja seharusnya ada sebuah pelatihan terlebih dahulu agar berhati-hati dalam bekerja. Dalam sebuah kontruksi tentu menggunakan alat-alat berat sebagai alat pembantu sehingga harus ada pelatihan K3 umum sebagai langkah awal menuju zero accident pada sebuah pekerjaan tersebut.

Baca Juga : http://deltaindo.co.id/

Angka kecelakaan dibidang kontruksi menduduki peringkat pertama selain dari perusahaan manufaktur atau perusahaan jasa sehingga pada bidang pekerjaan tersebut perlu diadakan pelatihan K3 secara menyeluruh baik pegawai tetap atau pada pegawai kontrak.hal tersebut sangat bermanfaat untuk pegawainya agar mereka tahu bagaimana bekerja dengan aman serta nyaman karena dengan 2 faktor tersebut dapat meningkatkan produktifitas para pekerja sehingga dari pihak pengelola kontruksi sangat diuntungkan akan hal tersebut. pada training K3 tersebut telah mendapatkan tanggapan dari kementrian ketenagakerjaan dalam bentuk perintah yang diatur dalam sebuah undang-undang ketenagakerjaan. Untuk penjelasan mengenai peraturan tersebut maka berikut adalah secara rincinya :

  1. Mempekerjakan tenaga kurang dari 100 orang atau menyelanggarakan proyek kurang dari enam bulan wajib memiliki minimal 1 orang ahli madya K3 kontruksi dan 1 orang ahli muda K3 kontruksi.
  2. Mempekerjakan tenaga ahli lebih dari 100 orang atau menyelenggarakan proyek lebih dari 6 bulan wajib memiliki minimal satu orang ahli utama K3 kontruksi, 1 orang ahli madya K3 kontruksi dan 2 orang ahli muda K3 kontruksi.
  3. Mempekerjakan tenaga kurang dari 25 orang atau melaksanakan proyek kurang dari 3 bulan maka wajib memiliki 1 orang ahli muda K3 kontruksi agar mampu mengontrol pekerjaan dengan aman dan nyaman bagi para pekerja.

pelatihan k3

Oleh karena itu dengan adanya peraturan tersebut sebaiknya perusahaan yang bekerja dibidang tersebut hendaknya terlebih dahulu memenuhi persyaratan tersebut dengan memiliki tenaga ahli K3 yang profesional. Serta mempunyai dedikasi tinggi dalam mewujudkan zero accident secara berkelanjutan baik bagi pekerja tetap ataupun pekerja kontrak. Sebagai awal dari memulai pekerjaan dalam bidang kontruksi maka sebelum memulai pekerjaan harus ada pelatihan terlebih dahulu sehingga para pekerja tahu bahwa keamanan dan keselamatan kerja itu penting untuk diperhatikan. Kaitanya dengan pelatihan tersebut maka terdapat mekanisme untuk melaksanakan pelatihan itu dengan metode yang efektif. Pada kesempatan ini akan diulas mengenai mekanisme dalam sertifikasi pelatihan tersebut dan berikut adalah terkait dengan penjelasan tersebut :

  1. Presentation

Pada intinya pada metode ini para pekerja hanya mendengarkan penjelasan dari tenaga ahli K3 dalam memberikan sebuah pengetahuan yang lebih terkait dengan keamanan dan kenyamanan kerja.

  1. Diskusi

Pada metode ini dapat dikatakan lebih efektif dari pada menggunakan presentation karena dengan metode ini para pekerja interaksi langsung dengan pekerja lain atau dengan tenaga ahli sehingga dapat efektif kepada pekerja.

  1. Case study.

Pada metode ini pada awalnya adalah para pekerja dihadapkan pada sebuah masalah dan selanjutnya mereka diberikan solusi oleh tenaga ahli sehingga nantinya ketika di lapangan mereka tidak panik dalam menghadapi sebuah kecelakaan kerja.

Artikel K3 umum bisa di klik di sini

 

  1. Post test.

Pada metode ini para pekerja dihadapkan pada test sehingga pengetahuan mereka diuji pada kali ini. Selanjutnya nantinya di lapangan mereka diharapkan mampu mengatasi masalah yang terjadi terkait dengan keamanan dan kenyamanan kerja.

pelatihan k3 juga

 

Dalam metode tersebut para pekerja dihadapkan pada sebuah evaluasi yang tercatat untuk diperbaiki lagi pada tahun lalu. Sehingga hal tersebut akan menjadi intropeksi diri pada permasalahan-permasalahan yang lalu.

Pada pelatihan K3 yang baik tentunya harus ada tenaga ahli yang sudah bersertifikasi sehingga mereka tahu bagaimana mengarahkan pegawai menuju zero accident dalam sebuah perusahaan tentunya. Namun saat ini sudah banyak perusahaan yang menempatkan tenaga kerja dalam sebuah bidang pekerjaan terutama pada pekerjaan kontruksi.

Hal tersebut memang sangat baik bagi perusahaan  namun yang paling terpenting pelatihan mengenai K3 harus terlebih dahulu dilaksanakan sebelum para pekerja melakukan sebuah pekerjaan.  Sehingga dengan adanya pelatihan tersebut membuat para pekerja tahu akan keselamatan dan kenyamanan kerja.

Dengan adanya angka kecelakaan tentu akan berdampak pada citra perusahaan tersebut kepada masyarakat umum. Maka dari itu untuk mengatasi masalah tersebut harusnya tiap perusahaan melakukan pelatihan K3 terlebih dahulu secara merata agar mampu mewujudkan visi zero accident.

Comments

comments

DeltaIndo Consultant & Training
DeltaIndo Consultant & Training
Telp : (021) 888 69 010 / 888 69 021 Fax : (021) 888 68 969 Email : deltaindonesia@gmail.com Alamat : Komp. Ruko Suncity Square H-20 Jl. M. Hasibuan Margajaya – Bekasi

Powered by rumahentrepreneur.org anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com