pelatihan k3 untuk ahli k3 umum yang diwajibkan

pelatihan k3 untuk ahli k3 umum yang diwajibkan

pelatihan k3 untuk ahli k3 umum – sebagai penyelengara kegiatan yang diadakan secara reguler, bagi yang berminat silahkan hubungi ( 021 ) 88869010, 88869021.

pelatihan k3 untuk ahli k3 umum

Pelatihan k3 umum adalah sebuah program pelatihan yang di peruntukkan sebagai penilaian khusus bagi seseorang maupun tenaga teknis yang sudah pernah mengikuti kursus sebagai petugas k3. Pelatihan k3 ini biasanya secara periodik diselenggarakan oleh penyelenggara pelatihan k3 yang sudah ditunjuk oleh pemerintah sebagai tempat pelatihan maupun sertifikasinya. pada dasarnya pelatihan k3 umum ini harus dilakukan oleh semua perusahaan yang mempunyai kriteria sebagai berikut:

  1. Mempunyai kurang lebih 100 karyawan
  2. Mempunyai resiko berat terjadinya kecelakaan kerja pada pekerjaan tersebut.

 

Baca Juga  : http://deltaindo.co.id/

 

Resiko bisa berupa kematian maupun terjadinya cacat fisik secara permanen, baik disebabkan oleh benda benda fisik maupun oleh zat zat kimia. Bisa Juga akibat terpapar cahaya maupun suara terhadap panca indera para pekerja tersebut. Pelatihan k3 untuk ahli k3 umum ini biasanya diikuti oleh perusahaan perusahaan yang memang mempunyai standar minimum dari kriterianya, misalnya adalah jumlah karyawannya kurang lebih 100 orang.

Begitu juga dengan perusahaan jasa konstruksi, walaupun mereka hanya punya pekerja kurang dari 100 orang, tetapi disebabkan resiko terhadap kecelakan kerjanya tinggi, maka perusahaan tersebut diwajibkan untuk melakukan pelatihan k3 ahli k3 umum secara berkala.

Saat ini banyak sekali penyelenggara pelatihan k3, baik swasta maupun BUMN. Mereka pada umumnya melakukan pelatihan k3 tersebut sebagai upaya sosialisasi tentang pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja, baik bagi karyawan maupun bagi perusahaan. Bagimana tidak, dengan dimengertinya tentang k3 ini, karyawan akan bekerja dengan nyaman dan aman, tidak perlu memikirkan yang lain, sehingga akan jauh lebih produktif. Denan pengetahuan k3 ini pula mereka bisa bekerja sesuai dengan ketentuan keselamatan kerja. Sehingga meminimalisir  angka kecelakaan kerja, sehingga perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar baik sebagi  biaya pengobatan maupun sebagai biaya kompensasi terhadap karyawannya.

Dengan adanya pelatihan k3 umum ini maka terjadi sebuah solusi yang sering disebut dengan win win solution, yaitu semua pihak merasa diuntungkan. Bai itu pihak karyawan maupun pihak perusahaan.