Pentingnya Penerapan Pelatihan Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) pada sebuah Perusahaan

pelatihan_k3_
Kesehatan dan Keselamatan Kerja untuk Area Perkantoran
March 25, 2017
Pelatihan K3 Sistem Manajemen HSE
March 31, 2017

Pentingnya Penerapan Pelatihan Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) pada sebuah Perusahaan

Pentingnya Penerapan Pelatihan Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) pada sebuah Perusahaan.

Pentingnya Penerapan Pelatihan Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) pada sebuah PerusahaanPelatihan K3 Menurut Anggoro, penerapan K3 di suatu perusahaan itu sangat penting karena merupakan salah satu syarat pemenuhan aspek legalitas hukum yang berhubungan dengan Undang-Undang (UU) Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, Undang-undang No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, UU Nomor 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja, dan UU Nomor 40 Tahun 2001 mengenai Pembinaan Hubungan Industrial serta peraturan dan perundang-undangan lainnya.. “Selian itu, hal positif lainnya ialah perusahaan tersebut akan mendapatkan citra yang bagus. Biasanya juga menjadi tuntutan konsumen,” katanya.

Baca Juga : http://deltaindo.co.id/
Anggoro menambahkan untuk perusahaan atau industry kecil pada umumnya belum sepenuhnya mampu melakukan penerapan aspek k3 dengan baik. Hal ini biasanya dilatarbelakangi oleh masalah biaya. “Padahal kalau ditelaah lebih jauh lagi, biaya K3 bukan cost melainkan investasi. Missal saja terjadi accident kemudian pekerja meninggal, berapa hari pekerjaan akan terhenti, pencitraannya juga jadi buruk, dan otomatis produksi stop,” tambahnya.
Belakangan ini ada kabar bahwa  Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi menekankan pentingnya meningkatkan standar keselamatan dan kesehatan kerja di Negara-negara Asia dan Eropa.
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar mengatakan dalam era globalisasi ini, terutama dalam menghadapi persaingan perdagangan internasional, azas penerapan K3 merupakan syarat utama yang berpengaruh besar terhadap nilai investasi, kualitas dan kuantitas produk, kelangsungan usaha perusahaan serta daya saing sebuah negara.

Info Pelatihan K3
”Jadi kesadaran dan kerja sama dari semua pihak untuk mendukung penerapan K3 sebagai salah satu upaya menarik investasi dan meningkatkan pembangunan perekonomian di Negara-negara Asia dan Eropa, kata Muhaimin.
”Dengan adanya perlindungan kerja yang maksimal, dapat dipastikan akan berpengaruh pada ketenangan bekerja, produktifitas, dan peningkatan kesejahteraan tenaga kerja, ”kata Muhaimin.

Ditambahkan Muhaimin, dengan adanya penerapan K3 dalam aktivitas kerja , diharapkan dapat menekan terjadinya kasus- kasus kecelakaan kerja yang selama ini banyak terjadi pada sector konstruksi, perhubungan baik darat, laut, dan udara, pertambangan serta sector lainnya

Muhaimin menegaskan selain melaksanakan fungsi pembinaan, Pemerintah mempunyai kewajiban untuk memberikan kepastian hukum dan penegakan hukum terhadap pelaksanaan norma-norma ketenagakerjaan, termasuk penerapan K3 di perusahaan-perusahaan. Hal ini telah dilakukan Kemenakertrans dengan melakukan revitalisasi pengawasan ketenagakerjaan di Indonesia.

Comments

comments

DeltaIndo Consultant & Training
DeltaIndo Consultant & Training
Telp : (021) 888 69 010 / 888 69 021 Fax : (021) 888 68 969 Email : deltaindonesia@gmail.com Alamat : Komp. Ruko Suncity Square H-20 Jl. M. Hasibuan Margajaya – Bekasi

Powered by rumahentrepreneur.org anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com